Jakarta, KompasOtomotif - Sadar bermain di segmen sepeda motor sport premium, Kawasaki Indonesia tidak muluk-muluk menargetkan penjualan Z800. Setahun, mogenaked ini dipatok terjual 200 unit.
Mitsuhiko Okada, Direktur Pemasaran PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan, Z800 diposisikan sebagai produk premium khususnya bagi konsumen yang butuh tampilan macho, tenaga besar sekaligus masih nyaman digunakan di perkotaan. CBU Thailand ini juga dipastikan tidak mengalami penurunan spesifikasi, alias sama dengan model global.
"Kami coba menyasar pada konsumen Ducati dan Harley-Davidson yang ingin punya merek kedua. Mereka butuh moge untuk harian," beber Okada di sela peluncuran Z800, di Jakarta Selatan, hari ini.
Dilanjutkan, penjualan sepeda motor sport premium perlahan tapi pasti terus meningkat di Indonesia. Strategi Kawasaki menghadirkan berbagai pilihan sport premium untuk mewujudkan impian biker dengan model-model global.
"Fokus kami bukan target penjualan, tapi memperkuat Kawasaki di segmen premium dan memastikan konsumen punya banyak pilihan," lanjut Okada. Bagi Kawasaki dan tipe sport, Indonesia merupakan menyumbang lebih dari 50 persen penjualannya di kawasan ASEAN.
Spesifikasi Z800
Dimensi (mm)
Panjang
2.100
Lebar
800
Tinggi
1.050
Sumbu Roda
1.445
Jarak pijak ke tanah
150
Mesin
Tipe
4-langkah, DOHC, pendingin cairan
Diameter x langka
71x50,9 mm
Tenaga maks.
83@10.200 rpm
Torsi maks.
83@8.000 rpm
Bahan Bakar:
RON 95
Sistem Bahan Bakar:
Injeksi, katup gas 34mm x 4 mm (Mikuni)
Pengapian:
Digital
Starter:
Listrik
Sistem Rem
Depan:
Cakram ganda 310mm, semi-floating
Belakang:
Cakram tunggal 250mm
Sistem Kemudi:
Setang
Sistem Suspensi
Depan:
41 mm garpu terbalik, bisa disetel
Belakang:
Bottom-Link Uni-Track
Transmisi
Tipe:
Manual 6 Kecepatan
Rasio reduksi akhir:
3.000 (15/45)
Kopling:
Basah multi-disk, pengguna
Sudut kemudi (kiri / kanan):
31/31 derajat
Bobot Bersih:
229 kg